Harga Minyak Dunia terus Anjlok

Sabtu, 15 November 2008

Harga minyak terus merosot meskipun Organisasi Eksportir Minyak OPEC mengisyaratkan kemungkinan kembali memotong kuota produksi. Pasar komoditas minyak justru menaruh perhatian terhadap laporan penurunan drastis pada pengeluaran konsumen serta konsumsi di kalangan bisnis maupun konsumen.

Dari bursa komoditas New York Mercantile Exchange, kontrak pengiriman minyak light, sweet untuk Desember mendatang turun 1,20 dollar AS serta ditutup pada 57,04 dollar AS per barrel. Harga minyak telah merosot sekitar 60 persen dalam 4 bulan terakhir setelah mencapai 147,27 dollar AS per barrel Juli lalu. OPEC yang memproduksi sekitar 40 persen suplai minyak dunia telah menyampaikan kemungkinannya kembali memotong kuota produksi menjelang akhir bulan ini apabila harga minyak terus merosot.

Departemen Perdagangan AS melaporkan terdapat penurunan terbesar pada penjualan ritel dan kemerosotan tajam kebutuhan minyak pada inventaris bisnis. Departemen Perdagangan AS menjelaskan penjualan ritel merosot hingga 2,8 persen bulan lalu atau lebih besar dari penurunan sebesar 2,65 persen pada November 2001 atau pascaserangan teroris di AS.

Comments

No response to “Harga Minyak Dunia terus Anjlok”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)